Wednesday, December 2, 2015

Video Cara Bermain Keyboard atau Piano, Lagu Ayah Cover Piano ( Chord, Not, Lyrics )

Agar mempelajari piano atau keyboard lebih mudah, setelah memahami pelajaran dasar. langsung praktek dengan video tutorial cara bermain piano disini
Oke! mungkin kalian sudah menunggu postingan terbaru dari blog ini. Melanjutkan dari artikel yang sebelumnya yaitu Cara Bermain Piano Atau Keyboard, Apakah Itu Jalur Nada?, saya berjanji akan memposting " Video Turtorial Bermain Keyboard dan Piano " dari saya sendiri. Dan untuk kalian yang benar - benar baru belajar piano/ keyboard dan belum tahu basic sama sekali, saya sarankan agar kalian membaca postingan saya sebelumnya secara berurutan mulai dari:

1. Cara Bermain Piano Atau Keyboard, Tentang Not dan Chord
2. Cara Bermain Piano Atau Keyboard, Apakah Itu Transpose Nada?
3. Cara Bermain Piano Atau Keyboard, Apakah Itu Jalur Nada?

Oke langsung saja!
Video Turtorial, latihan langsung menggunakan lagu

Agar lebih mudah dipelajari untuk turtorialnya setiap baris akan saya sisipkan video cara bermainnya ya

Lagu yang saya pakai adalah lagu indonesia yang sudah familiar disemua umur dan yang pasti mudah untuk dipelajari, pernah dibawakan oleh The Mercys, Rinto Harahap, Noah yang berjudul AYAH. Berikut Chord, Not, dan Lyrics lagu Ayah:



AYAH chord, not, lyrics

*
 C                     F                     G         C

5     6    5  4  3      1    1            7    6     5
Di  ma  na            a  kan         ku  ca  ri

                      C                                                    G

3    3        2      4     3 2 1       1   4   3 2 1          2    2
A  ku      me  na  ngis          se   o   rang         di  ri

              C                                                     F

1      2     3          1     4        3   2  1         1    1 7   6
Ha  ti    ku       sela  lu       I  ngin       ber  te   mu

                 G                                  C

6      6       5       7    1      2 1 7    1       1
Un  tuk  mu      a  ku     ber     nya   nyi

Chorus
         F                                  G

1       4        4    4         3        3       2
Un   tuk      a  yah      ter    cin     ta

      C       Bm              Am

5    3       3     3           2        2      1
A  ku      I  ngin         ber  nya  nyi

         G                                                       C

5        2        2   1       1     7        7    1    2   3
Wa  lau       a  ir       ma  ta      di  pi  pi  ku

       F                            G

1    4           4       3        3      2
A  yah       De  ngar   kan  lah

     C         Bm                Am

5     3         3     3          2       2      1
Ak  u        I  ngin        ber  jum  pa

        G                                                       C                        

 5       2         2      1       1       7         7       1
Wa  lau       ha  nya     da  lam       mim  pi


**
C                       F                       G            C

5     6     5  4  3         1      1         7      6     5
Li  hat   lah              ha  ri        ber  gan  ti

                         C                                                G

 3        3         2  4   3 2 1    1    4    3 2 1         2     2
Na  mun       ti  a  da         se  in  dah           du  lu

                  C                                                F

 1        2     3         1    4       3    2 1        1    1 7   6
Da  tang  lah       a  ku       I  ngin      ber  te     mu

                  G                                            C

 6       6      5         7   1         2 1 7    1       1
De  ngan  mu      a  ku       ber       nya  nyi

Back To Chorus

Keterangan:

Warna Merah : Chord (tangan kiri)
Warna Biru : Not (tangan kanan)
Warna Hitam: Lyrics
* = anggap saja part 1
** = anggap saja part 2


Chord yang dipakai:


Not yang dipakai:

Normal










jangan lupa,
subscribe Channel youtube AJ Production agar forum Tanya Jawabnya bisa mulai dijalankan ketika jumlah subscriber mencapai 1.000

Berikut video cover piano Ayah - Rinto Harahap
Note:
Video dibawah ini menggunakan improvisasi, dan bentuk chord lain yaitu 1 - 5 - 1 bukan 1 - 3 - 5
jadi mungkin terlihat beda dalam penekanan tutsnya





    Choose :
  • OR
  • To comment
33 comments:
Write komentar
  1. kok belum ada videonya sih,...
    aku lagi cari videonya je

    ReplyDelete
  2. ka.. cerita dulu ya.. hehe
    Aku main keyboard otodidak & baru belajar 1.5 bulan (dihitung dari awal banget belajar teori dasar & baca partitur. Diajarin mbah gugel) Sejauh ini baru donwnload-download music sheet aja sih, latihan scale & appegios, memperkuat feeling di tempo karna ga punya metronome, belum jago sight reading jadinya music sheetnya dihapalin, dan belakangan lagi ngapalin river flows in you nya Yiruma.
    Nah..
    Tujuanku belajar karena ingin bisa buat musik klasik kalo udah jago mainnya (Inginnya jago piano tp belum punya), ka. Saya baca banyak referensi tapi jujur belum paham gimana cara buat musik dan apa yang harus dikuasai. Jadi.. kalo buat musik harus berdasarkan chord ya? Kalo misalnya kita random nyanyi melodi terus menurut kita bagus buat dijadiin musik, kita cari chord yang pas buat itu, gitu? Musik terdiri dari banyak chord ya, nah kalo komposer itu mereka punya list chord yang udah ada, apa chord bisa dibuat sendiri?
    Maaf kalo banyak tanya. Saya senang main musik dari kecil, tapi baru serius belajar pas kuliah :')
    Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hemm,, cara buat musik yang pasti mbanya harus jago dalam memainkan alat musiknya...
      jadi begitu kita dapat inspirasi lagu,, bisa langsung kita tuangkan ke dalam alat musik tanpa ada masalah..

      betul sekali, awal yang kita cari sudah pasti chordnya...

      musik terdiri dari banyak chord? tidak juga :)
      tergantung tempo dan nada nya... jika tempo cepat nadanya berubah2 sudah pasti banyak chordnya..
      tp jika tempo lambat nada tidak banyak berubah, kebanyakan 4 ketukan 1 chord..

      wah kalau koposer pasti mengarang sendiri chordnya tapi yang pasti tidak ngasal ( tetap harus terdengar harmonis )

      pertahan kan hobinya
      semangat ya belajarnya :)

      Delete
  3. Replies
    1. sedang otw pembuatan... dalam waktu dekat bakalan keluar.. ditunggu yaa :)

      Delete
  4. Kak, aku pengen tanya..
    Gimana ya kak, aku punya masalah pada feeling. Aku dari kecil udah les piano tapi belajarnya classic pakai not balok. makanya sampai sekarang aku belum bisa feeling. Banyak teman-teman saya jago feeling dia bisa bermain piano tanpa buku. Aku kalau main piano itu harus patokan pada buku jdi chordnya sudah ada. Gimana ya kak biar saya bisa tau dalam satu lagu itu chord-chordnya tanpa liat catatan chord lagi?

    Trus kak aku mau tanya lagi kalau kita mainin chord tgn kiri 1-3-5 tp aku mainnya 1-5-1 gpp kan kak? trus tgn kanannya itu main melodi.. tp banyak tmn saya tgn kanan main chord jga kak.. trus perpindahan chordnya juga mantap spt jembatan chord kak.. Gimana ya kak rumus jembatan chord itu?
    Mohon bantuannya kak.. Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups melatih feeling memang bisa dibilang sulit..
      apalagi jika dari kecil sudah dibiasakan melihat buku...
      kalau saya pribadi dalam melatih feeling...
      cari lagu klasik yang saya suka...
      lihat videonya sekali... lalu tuangkan ke alat musiknya..
      jika lupa ulangi lagi...
      melihat video bertujuan untuk menghafal dimana kita harus menekan chord..
      dan mendengarkan suaranya melatih kepekaan kita apakah chord yang ditekan sudah pas atau belum...
      jika belum pas cari chord yang suaranya sama dengan yang ada di video...

      tapi ingat...
      cara bermain kita ga harus mirip dengan yang ada di video... yang penting ATM. ya! ATM = Amati Tiru dan Modifikasi...

      boleh saja 1-5-1 tapi tidak harus selalu seperti itu... sesekali selipkan 1-3-5..

      rumus jembatan chord akan saya posting untuk artikel nanti...

      semoga membantu yaaa

      Delete
  5. aku ada keyboard di rumah, dan sangaat ingin pintar memainkan musik piano.. selama ini juga belajar otodidak aja, paling gampang aku contoh dan mainkan itu not angka, aku blm bisa main chord nya.. nah utk menghapal not dan chord di tuts piano saya menempelkan angka2 not maupun chord jdi tinggal cari dan tekan deh, lama lama juga hapal, tapi skrg aku blm terlalu rutin belajar. Tapi aku ada niat utk bisa lancar memainkan sebuah lagu dgn menghapal not dan chord :)

    sekian curhatan ku,, hihihih

    ReplyDelete
  6. bener bener blog yang bermanfaat banget... parah keren banget blog ini...

    terus tingkatkan kak blog nya... keren banget... saya saranin kak buat posting tentang senam jari biar gak pada kaku kaku...

    makasih banget kak... bener bener keren, bermanfaat... yang bikin kerennya tuh materi nya mudah dipahami... sukses kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih sudah mampir... iya nanti kalau waktunya sempat akan saya buat (y)

      Delete
  7. Bang, mmgnya satu jenis kord banyak bentuknya ya??? kadang liat tutorial misalnya dr chord G ke C, lazimnya kan chord C itu nekan tuts putih 1,3,5 ..tp sy liat prpindahannya dia bilang C tapi gak nekan 1,3,5 ..trus prtanyaan lain sy liat video yg di upload itu , tangan kiri yg main kord tidak ditekan secara bersamaan dan kadang menekan lebih 4 tuts/chord itu murni improve sbagai master atau ada hukum chordnya? Elah ngomong apa ya saya hehe...tolong dijelasin maklum awam ..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Chord itu bisa dipecah dalam penekanannya.. ada model yang 1, 3, 5.. ada yang 1, 5, 1..

      kebanyakan di video diatas saya menekan 1 5 1...

      mungkin sebagai masukan nanti akan saya sederhanakan ya videonya

      Delete
  8. keren banget om...nyesel nggak dari dulu kenal blog ini..

    ReplyDelete
  9. owh iya om, aku minta ijin aku siarin blog ini di group fb ndak papa ya om...

    ReplyDelete
  10. udah coba ngafal chord, tapi pas liat videonya kok gak sesuai gitu. trus apa yah istilahnya chord ditekan bergantian gitu (lupa XD). Dan yang membuat saya tambah bingung, gimana yah dalam video saya melihat/mendengar melodi dan chordnya gantian dan ditekan terus tanpa henti kok saya merasa cukup sulit yah? (Maaf mas, Saya newbie hehe baru mau belajar)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe mohon maaf ya... soalnya chord yang saya pakai bentuk 1 - 5 - 1.. dan memang divideo itu saya sedikit improvisasi.. mungkin untuk yg baru aga bingung... tapi nanti akan saya jelaskan tentang bentuk chord..

      Delete
  11. Bang mau tanya nie saya kan belajar piano otodidak! Tapi kok pas mainin chord ditangan kiri dan melody dikanan pas mau lihat sheet music punya abang kok susah ya ,ketika saya mau tekan melody jadi chordnya ikut ketekan bersamaan seharian latian gitu terus bang ,sarannya gimana yak bang susah bener dh, ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. latihnya sebelah sebelah dulu yahhh.... kalau kanan dan kiri sudah lancar.... tak perlu semuanya, sebaris sebaris saja... baru coba digabung.. atau dimainkan kedua2nya

      Delete
  12. Makasih bro sngat membntu sya sbgai pemula.. Gb

    ReplyDelete
  13. Cara menyatukan Bunyi Piano Sama Gitar gimana?,
    Misalnya Di Piano Saya Tekan Chord C Maka DiGitar Tekan Harus Chord C juga kah?
    Atau ada cara lain atau bagaimana??? Bisa tolong dijelaskan,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya seperti itu... chord dari setiap alat musik harus sama.. steman gitarnyapun harus di nada standar

      Delete
  14. mas!! saya mau tanya..jika saya mau memulai bermai keyboard dengan nada dasar C=do,trus kelanjutan kuncinya apa lagi mas??
    D=do....dan seterusya
    E=do....dst
    F=d0....dst
    G=do....dst
    A=d0....dst
    B=do....dst
    apalah ada rumusnya untuk mencari kunci sebuag lagu mas??

    ReplyDelete